” …. لمسجد أسس على التقوى من أول يوم …”
” …Sungguh Masjid Yang Didirikan Atas Dasar Taqwa, SEJAK HARI PERTAMA … ” ( QS 9 : 108 )

AWALU YAUMIN, … frasa kata ini hanya terdapat dalam QS At-Taubah ayat 108, yang konteks ayatnya berbicara tentang masjid pertama yang dibangun oleh Nabi saw & para sahabat pada saat beliau baru tiba di Quba (daerah pinggiran Madinah) dlm perjalanan hijrah dari Mekkah

Sebagaimana masyhur diriwayatkan dalam sejarah, penentuan awal tahun penanggalan Hijriyah dilakukan di masa Khalifah Umar ra dengan keputusan beliau menetapkan tahun dimana Nabi saw melakukan perjalan hijrah dari Mekkah ke Madinah sebagai tahun pertama dlm penanggalan Hijriyah/Islam.

Para ahli tarikh menyebutkan penetapan keputusan Khalifah Umar ra tersebut atas usulan dari Ali bin Abi Thalib ra. Lalu dari mana Ali bin Abi Thalib ra mendapatkan ilham atas usulannya tsb ?

Kita tahu bahwa Ali ra adalah sahabat yang kecerdasannya diatas rata2. Masyhur diriwayatkan bahwa ketika Khalifah Utsman kebingungan ketika menghadapi kasus wanita yang usia kehamilannya baru 6 bulan tapi sdh melahirkan bayinya, sedangkan umumnya usia kehamilan hingga melahirkan adalah 9 bulan,sehingga banyak orang yang menyangka bayi tsb hasil perzinahan sebelum pernikahan dengan suaminya.

Maka Ali ra menyampaikan argumennya berdasarkan ayat Quran yang menyampaikan tentang jumlah waktu masa mengandung & menyapih secara sempurna itu 30 bulan (Qs 46:15), dimana waktu menyapih yang sempurna adalah 2 tahun (24 bulan, -QS 31:14-).
Sehingga menurut Ali ra berdasarkan isyarat Al-Qura, usia kandungan 6 bulan tapi sdh melahirkan bayi adalah hal yang wajar meskipun sangat jarang terjadi, karena berdasarkan isyarat Al-Quran masa kandungan + masa menyapih adalah 30 bulan. Jika waktu menyapih yang sempurna adalah 24 bulan, maka usia kandungan yang paling minimal adalah 30 – 24 = 6 bulan

Kembali ke latar belakang usulan Ali ra mengenai acuan penentuan awal tahun penanggalan Hijriyah, dimana beliau mengusulkan agar tahun dimana Nabi saw melakukan perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah digunakan sebagai acuan sebagai tahun pertama dlm kalender Hijriyah … Boleh jadi Ali ra terilhami dari frasa kata “AWALU YAUMIN” yang secara makna mudahnya adalah HARI PERTAMA. Frasa kata tsb hanya terdapat dlm QS 9:108, yang konteks ayatnya tentang pembangunan masjid pertama dlm sejarah Islam yang masjid tsb dibangun ketika Nabi saw baru tiba di Quba dlm perjalanan hijrah.

AWALU YAUMIN … HARI PERTAMA … awal penanggalan dimulai
AWALU YAUMIN … disebutkan dlm ayat yang mengisyaratkan peristiwa hijrah

Sehingga penentuan tahun dimana Nabi saw melakukan perjalanan hijrah sebagai tahun pertama dlm kalender Islam, bukan sekedar keputusan intuisi dari Khalifah Umar berdasarkan usulan dari Ali bin Abi Thalib ra semata, tapi merupakan inspirasi Qurani …….

والله اعلم